12/9/12

Cara Membuat GTalk

Untuk membuat akun Google Talk (ketika menggunakan protocol komunikasi XMPP), Anda harus terlebih dahulu membuat akun Gmail.
Untuk membuat akun Gmail, lakukan langkah berikut:
Langkah 1. Buka perambah internet Anda, ketik http://www.google.com kedalam bar alamat perambah untuk mendapatkan situs resmi Google:

Gambar 1: Contoh Situs resmi Google
Langkah 2. Klik link Gmail (dilingkari dengan garis hitam), seperti yang tampak di bawah ini:

Gambar 2: Menu bar situs resmi Google dengan link Gmail
Layar di bawah berikut akan muncul:

Gambar 3: Situs resmi akun Gmail
Langkah 3. Klik untuk mengaktifkan layar berikut:

Gambar 4: Setengah dari halaman Create an Account
Catatan: Formulir Get Started with Gmail terlalu panjang untuk diperlihatkan seluruhnya, sehingga dibagi dua untuk contoh ini. Seperti biasa, semakin sedikit informasi yang Anda berikan, semakin aman dan rahasia komunikasi email Anda!
Langkah 4. Ketik informasi yang diminta ke dalam kotak First Name (Nama Depan), Last Name (Nama Keluarga) dan Desired Login Name (Nama Login yang diingikan). Untuk alasan anonimitas dan kerahasiaan, ini tidak harus berhubungan dengan nama lengkap Anda.
Langkah 5. Klik untuk melihat apakah nama log-in yang Anda inginkan tersedia. Apabila tidak tersedia, Anda harus menciptakan sesuatu yang lebih unik!
Penting: Seperti yang mungkin telah Anda sadari, fitur Stay signed in dan Enable Web History akan secara otomatis dinyalakan ketika Anda ingin membuat akun baru. Namun, kedua fitur dapat mengorbankan privasi dan keamanan on-line Anda, dengan membiarkan Gmail mengawasi kegiatan on-line Anda.
Langkah 6. Matikan cek box Stay signed in dan Enable Web History di Gambar 4 di atas dan lanjutkan dengan proses pembuatan akun.

Gambar 5: Sisa setengah dari formulir Gmail Create and Account
Langkah 7. Pilih sebuah pertanyaan dari daftar Security Question, lalu ketik kombinasi acak dari huruf dan angka di kotak Answer (Jawaban), dan biarkan kotak Recovery email kosong seperti di Gambar 5 diatas.
Langkah 8. Pilih Negara di daftar Location yang memang menunjukkan tempat lokasi Anda sekarang.
Catatan: Anonimitas yang lebih tinggi akan lebih memungkinkan apabila Anda mempunyai kesempatan untuk menciptakan akun Gmail ketika Anda hidup atau melakukan perjalanan ke Negara yang bukan asal atau tempat Anda tinggal.
Langkah 9. Ketik kata yang disamarkan di kotak Word Verification yang menandakan bahwa seorang manusialah yang membuat akun!
Langkah 10. Klik untuk menerima Google Terms of Service, dan aktifkan halaman berikut:

Gambar 6: Halaman Introduction to Gmail
Selamat! Anda sekarang telah berhasil membuat akun Gmail beserta dengan akun Google Talk setelah selesai mengisi informasi yang dibutuhkan. Sekarang Anda telah mempunyai akun Google Talk, Anda telah siap untuk mendaftarkan diri ke Pidgin. Untuk belajar lebih tentang mendaftarkan akun Pidgin, silahkan baca Cara mendaftarkan akun Pesan Instan (Instant Messaging) Anda pada Pidgin. Setelah Anda melakukannya, Anda dapat kembali ke bagian berikut untuk belajar cara mengamankan koneksi.

4.1 Cara mendapatkan koneksi yang aman

Penguna yang mendaftarkan dan menggunakan Pidgin dengan Google Talk, IRC, SILC atau layanan yang kompatibel dengan XMPP, dapat mengatur Pidgin untuk menggunakan channel atau hubungan yang aman, yang diketahui sebagai Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS).
Untuk mengkonfigurasi koneksi SSL atau TLS, ikuti langkah berikut:
Langkah 1. Klik Pidgin atau pilih Start > Pidgin untuk meluncurkan Pidgin, dan mengaktikfan Buddy List.
Langkah 2. Buka menu Accounts dan pilih akun Anda untuk mengaktifkan sub-menu, lalu pilih item Edit account seperti berikut:

Gambar 7: Account menu menunjukkan akun Pidgin dengan item Edit account terpilih
Ini akan mengaktifkan jendela Modify Account, dan menunjukkan tab Basic yang telah teratur seperti berikut:

Gambar 8: Menu Modify Account yang menunjukkan tab Basic yang telah ditetapkan
Catatan: Apabila Anda memiliki akun Gmail, dan terdaftar ke Pidgin, jendela Modify Account akan muncul seperti Gambar 8 diatas.
Langkah 3. Klik tab Advanced untuk mengkonfigurasi seperti berikut:

Gambar 9: Layar Modify Account menunjukkan Tab Advanced
Langkah 4. Pilih Use old-style SSL untuk secara otomatis menyalakan channel aman dimana sesi percakapan Anda akan diadakan.
Langkah 5. Ketik talk.google.com ke dalam kotak Connect Server.
Langkah 6. Klik untuk menyimpan pengaturan Anda, lalu klik tab Proxy seperti berikut:

Gambar 10: Layar Modify Account menunjukkan tab Proxy
Langkah 7. Pilih item Use Global Proxy Settings apabila ini bukan pengaturan yang telah ditetapkan, lalu klik untuk menyalakan koneksi yang aman antara Anda dan lawan bicara Anda.