3/6/14

Dapodikdas 2013, Aplikasi Baru, Adakah Masalah Baru?

Peluncuran aplikasi dapodik 2013 ternyata lebih ramai dibanding saat rilis perdana aplikasi dapodik 2012. Semua yang berkepentingan dengan dapodik terutama pihak sekolah dan operator sekolah dengan setia menanti kedatangan aplikasi pendataan terbaru, bahkan sudah menunggu-nunggu jauh sebelum rilis resminya. Hal ini menunjukkan kepedulian dan semangat pemangku kepentingan untuk menyukseskan program pendataan pendidikan yang notabene terintegrasi dengan semua program pemerintah.



Adanya pendataan dapodik secara online merupakan dampak kemajuan teknologi informasi yang tidak bisa terhindarkan dan mau tidak mau harus dilaksanakan oleh pemerintah untuk mendukung terwujudnya data berkualitas yang cepat, tepat, akurat dan bermanfaat. Dengan segala keterbatasan, semua sekolah baik di perkotaan maupun di wilayah pelosok telah berpartisipasi dalam membangun data pendidikan. Ketika Dapodik sangat berpengaruh terhadap segala jenis bantuan dan tunjangan, maka ketika itu pula semua yang berkepentingan berlomba-lomba memperhatikan kualitas datanya.

Saat ini, sebagian sekolah sudah diperkenalkan aplikasi dapodik 2013 yang digunakan dalam pendataan tahun pelajaran 2013/2014. Dengan berlakunya aplikasi dapodik 2013, maka berakhirlah masa kejayaan aplikasi pendataan 2012. Kita masih ingat, banyaknya masalah yang menghinggapi sekolah karena kurangnya pemahaman dalam penggunaan aplikasi dapodik serta cara pengisian dapodik. Dan bagaimana jalan keluar bagi sekolah  dan PTK yang merasa bermasalah dalam dapodiknya. Ternyata, sekolah dan operator sekolah serta PTK harus mencari solusi sendiri untuk mengatasi permasalahannya.

Beredarnya aplikasi dapodikdas 2013, bukan berarti semua masalah pengisian data sekolah, data PTK, dan data peserta didik sudah terselesaikan.  Aplikasi baru pasti akan membawa permasalahan baru. Tidak semua operator dapat terhindar dan bebas dari permasalahan. Permasalahan yang terjadi bukan berarti aplikasi dapodik 2013 bermasalah. Namun kendala dan masalah ini lebih diakibatkan oleh faktor teknis.  Dan masalah ini perlu diketahui agar dapat diantisipasi oleh pengguna.

Dari pengamatan rodajaman, ada beberapa permasalahan yang mungkin akan ditemui dalam menggunakan aplikasi dapodikdas 2013, yaitu antara lain :
  1. Spesifikasi komputer kurang sesuai
  2. Internet Browser kurang mendukung
  3. Kode registrasi bukan milik sekolah atau koreg tidak dikenal
  4. Data prefill dapodik tidak dapat dibaca dan tidak dapat digunakan
  5. Data prefill tidak langsung masuk di aplikasi
  6. Proses instalasi aplikasi dapodikdas 2013 tidak berhasil
  7. Proses registrasi sering gagal
  8. Riskan untuk digunakan multi komputer
  9. Ragu untuk digunakan muti user
  10. Bingung tidak ada backup lokal
  11. Banyak data invalid
  12. Data invalid harus nol
  13. Data harus sempurna dan terisi semua
  14. Banyak istilah kolom pengisian data yang kurang dimengerti
  15. Pengisian data harus berurutan
  16. Pengisian data manual tidak ada export import
  17. Sinkronisasi gagal
Nah...itulah beberapa yang menjadi pemrasalahan atau kendala dalam aplikasi dapodik 2013, mungkin masih banyak kendala lainnya. Namun kendala dan permasalahan itu mudah-mudahan dapat teratasi seiring dengan semakin seringnya kita berhadapan dengan aplikasi tersebut. Biasanya dari permasalahan maka kita dapat mengetahui solusinya dan kita dapat lebih memahaminya. Dan bagi rekan yang sudah mulai sibuk dengan aplikasi dapodik 2013 selamat bekerja dan semoga tidak menemui masalah.