9/8/15

Cara Profit Konsisten dan Terhindar dari MC di Trading Forex

Tulisan ini bermula dari tulisan seorang trader di Google.

Beberapa waktu lalu saya pernah share salah satu account saya profit 30% dalam 1 minggu, ada yang mengatakan bahkan sebagian besar mengatakan angka segitu terlalu kecil, padahal target saya perbulan jauh dibawah itu yaitu 5% perbulan. Dari situ saya jadi inget kata2 guru saya waktu awal-awal mengenal forex sekitar 3-4 tahun lalu, guru saya bilang kurang lebih seperti ini :

"Kalau kamu mau serius di forex dan masih sering MC dan merasa kesulitan untuk profit, sekarang mulailah berfikir realistis bahwa forex itu bisnis, coba turunkan target profitmu sedikit demi sedikit sampai pada titik dimana MC terasa semakin menjauh dan menghilang dari kamu, karena sesungguhnya forex itu bisnis yang paling mudah dan bersabarlah karena equity dan kesabaran itu segalanya di forex."

Dari kata2 itu saya berfikir ada benarnya juga, akhirnya saya praktekin mulai dari target ratusan % perbulan saya turunin menjadi 50%, 30% sampai 20% dan masih sering MC.
Sekarang ini saya sudah sampai pada titik angka target 10% perbulan yg menjauhkan saya dari MC walaupun kadang melebihi target hingga 12,5% - 19% perbulan.
dari situ saya simpulkan kemampuan saya cuma di angka 10% perbulan itu, lagian 10% perbulan itu banyak juga, kalau ane hitung dicompound setahun menjadi sekitar 158% pertahun, bisa dibandingkan masih jauh lebih besar dari bunga bank, dan trader sekelas George Soros itu menurut info cuma membukukan profit konsisten 20%-an pertahun, nah lho...
kalau saya pikir-pikir inti kata2 guru saya itu yaitu jangan memaksakan diri dan sesuaikan pekerjaan dengan kemampuan.

Menurut agan-agan disini gimana??
Berapa target bulanan agan-agan disini??

ini adalah tabel compound profit selama setahun seandainya kita bisa porfit konsisten, bisa dilihat berdasarkan tabel tersebut kita bisa menggandakan modal dalam setahun jika kita bisa profit 10% perbulan saja dengan konsisten. sangat fantastis....

Menurut saya MC itu ngga ada, kecuali bagi trader yg ingin profit besar dg modal kecil dan dlm waktu yg singkat. Permasalahannya lainnya sbnrnya ada pada hubungan antara tujuan trading dan kesiapan modal..
Kalo tujuannya utk investasi masa depan modal 50 USD saja sudah cukup dan dengan target sandar saja,,
Tapi kalo tujuan trading utk memenuhi kebutuhan rutin 50 USD terlalu kecil,, kecuali punya pemasukan selain dari trading,,

Kalo target hanya 10% perbulan dari modal 50 USD, sebulan profit hanya 5 USD,,  imut banget gak dicompound lagi.. ini yg menyebabkan trader jadi berambisi dan overtrade

Tapi kalo modalnya 1000 USD, 10% tentu profit 100 USD perbulan sudah terasa hasilnya tanpa susah payah mengejar target ratusan persen. Sorros itu uangnya di atas jutaan dollar,, profit 20 persen pertahun udah cukup"

Tidak ada yang salah dengan target, asalkan kita tahu batas kemampuan kita dalam memperoleh profit, gak ada yang marah kalo kita profit banyak atau sedikit. Kecuali, kalo trading dijadikan pekerjaan utama untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, baru nanti istrinya ngomel kalo profitnya kecil hehehe... , (bercanda)
analisa dengan baik, keluarkan seluruh kemampuan dan pengetahuan kita, MM yang bijak.
Ini pendapat saya pribadi, bila tidak berkenan saya mohon maaf.