1. Mengadakan training khusus tentang pelayanan yang baik dengan cara memberikan tips-tips dalam melayani pelanggan.
Sebagai contoh:
•
Tersenyumlah! Senyum sangatlah mudah dan penting. Banyak karyawan
tidak tersenyum karena: lupa, frustasi bekerja, dan sudah letih
tersenyum. Sang resepsionis mungkin telah tersenyum kepada 120 pelanggan
sebelumnya dan sudah kecapaian untuk melakukannya lagi. Namun bagi
pelanggan, inilah kali pertama dia bertemu anda. Jadi, tersenyumlah.
•
Bayangkan Anda berada di posisinya! Jika anda sedang melayani
pelanggan dan mereka perlu sesuatu, bayangkan andalah yang membutuhkan
bantuan tersebut. Pelayanan seperti apa yang ingin anda terima dan
membuat anda puas? Bayangkanlah anda berada di posisi pelanggan.
Bersikaplah lebih simpatik.
• Ulangi permintaan pelanggan. Sebelum
memproses permintaan pelanggan anda, katakan selalu "Saya ingin
memastikan bahwa anda ingin bla, bla, bla... Apakah demikian?" Tindakan
sederhana ini menunjukkan bahwa anda benar-benar ingin memahami
permintaannya dengan tepat, dan pelanggan diyakinkan bahwa anda telah
memahaminya dengan tepat.
• Lakukan pengecekan ulang. Jika
pelanggan anda memesan satu produk yang anda tahu pasti sudah habis,
sebaiknya katakan, "Saya yakin persediaan produk ini sudah habis. Namun,
beri saya waktu untuk mengecek ulang untuk memastikannya..." Pelanggan
akan lebih puas dengan jawaban anda karena dia tahu bahwa anda
"benar-benar" berusaha melakukan pengecekan ulang.
• Pusatkan
perhatian pada pelanggan. Kontak mata yang baik merupakan aspek yang
paling penting dalam komunikasi tatap muka. Hal ini menunjukkan bahwa
anda menyimak dengan cermat apa yang dikatakan pelanggan. Jangan
mengalihkan pandangan ketika pelanggan berbicara dan menjelaskan
persoalannya kepada anda. Ketika berbicara melalui telepon, anda dapat
memusatkan perhatian dengan tidak mengetik/menulis/membaca apa pun
kecuali hal itu terkait dengan yang dikatakan pelanggan. Tetaplah
memusatkan perhatian anda pada pelanggan ketika berbicara dengannya.
•
Ajukan pertanyaan-pertanyaan. Salah satu cara terbaik untuk
meningkatkan interaksi dengan pelanggan adalah dengan menengarkan
pendapat pelanggan dan mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi
lebih jauh. Dengan demikian anda dapat memahami masalah dan kebutuhan
mereka dengan lebih baik sehingga dapat memberikan solusi yang lebih
baik. Semuanya ini membantu anda untuk memberikan layanan berkualitas
tinggi kepada pelanggan anda.
• Jawablah dengan kalimat lengkap.
Dalam dunia layanan yang baik kepada pelanggan, jawaban yang terdiri
atas satu kata dianggap kasar. Hindari jawaban seperti "Ya", "Tidak",
"Oke", "Mungkin", "Selesai" atau petunjuk dengan satu kata, seperti "Di
sana", "Besok", dll. Jangan menggunakan kata-kata seperti "Mm", "Huh??",
"Wah", dll. Jawaban dengan satu kata menyampaikan kesan malas atau
tidak profesional. Menjawab dengan kalimat lengkap menunjukkan citra
yang lebih profesional bahwa anda terpelajar dan berkarakter baik.
•
Berikan perhatian kepada anak-anak. Pelanggan yang mengajak
anak-anaknya membuka peluang anda memberikan layanan yang baik. Anda
hanya perlu menunjukkan perhatian tulus kepada anaknya. Berbicaralah,
bersendaguraulah, dan bermainlah dengannya. Berikan pujian kepadanya.
Yang lebih baik, berjongkok atau berlututlah di samping anak tersebut.
Semuanya ini membuat orangtuanya senang. Jadi jangan pernah abaikan
anak-anak.
• Lakukan tindak lanjut. Misalnya, sehari setelah
customer membeli handphone, staf penjualan menelepon si customer untuk
menanyakan apakah handphone si customer berfungsi dengan baik, apakah si
cutomer membutuhkan bantuannya untuk menggunakan fitur-fitur yang ada.
Dia juga memberikan tips sederhana mengenai cara yang tepat mengisi
baterai untuk memperpanjang masa pakainya. Tindakan sederhana, tidak
lebih dari 3 menit, tidak butuh banyak biaya, namun benar-benar membuat
si customer terkesan.
• Berikan layanan ekstra. Lakukan sesuatu yang
menunjukkan perhatian anda kepada kebutuhan pelanggan. Semua anak kecil
suka hadiah. Demikian juga dengan orang dewasa! Temukan kesempatan
untuk membuat pelanggan Anda senang dengan memberi hadiah sederhana:
gelang kunci, penindih kertas, cangkir, dll. Mereka akan memiliki kesan
khusus terhadap pemberian tersebut.
2. Menetapkan standard SOP (standard operating procedure) bagi setiap karyawan dan wajib untuk mengimplementasi hal tersebut.
3. Memberikan reward bagi karyawan yang sangat baik dalam melayani pelanggan.
Popular Posts
-
Elemen Komposisi Dalam Fotografi: Garis Dalam dunia fotografi maupun desain, dikenal ada e...
-
Sebelum mengerjakan soal, harap dilengkapi data terlebih dahulu, jika sudah, silakan kalian kerjakan soal-soal berikut ini! Memuat…
Pengikut
Total Pageviews
ARSIP BLOG
-
▼
2012
(79)
-
▼
Nov 2012
(33)
- HLR Starone
- HLR TOKEN PLN
- HLR Telkomsel
- HLR Flexy & Esia
- HLR XL
- DAFTAR NUPTK
- Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013
- Latihan Olimpiade SD
- Latihan Olimpiade SD
- Teka teki Matematika
- Menghilangkan Grogi Saat Bermain Musik di Pangguang
- Tekhnik Berbain Bass
- Cara Pasang Iklan Melayang Blog
- Meningkatkan Pengungjung Blog
- Tips Praktis Customer Service
- Tips Melayani Konsumen
- Tips Menghadapi Komplain Pelanggan
- Memperbanyak Followers Twitter
- Cara Hack Password Facebook 2013
- Cara Hack Password Wifi
- Mencegah Hacker Blogspot
- MENCARI GAGASAN UTAMA
- SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER SEKOLAH DASAR
- ULANGAN UMUM MATEMATIKA KELAS 3 SEMESTER 1
- ULANGAN UMUM MATEMATIKA KELAS 2 SEMESTER 1
- ULANGAN UMUM MATEMATIKA KELAS 1 SEMESTER 1
- ULANGAN HARIAN 1 MATEMATIKA KELAS 5 SEMESTER 1
- ULANGAN HARIAN 2 MATEMATIKA KELAS 5 SEMESTER 1
- Cara buat presentasi baru Power point
- TIPS MEMBUAT TOKO ONLINE
- TIPS MEMULAI USAHA COUNTER HP
- MEN SUGIH TEKEN MEN TIWAS
- NI BAWANG TEKEN NI KESUNA
-
▼
Nov 2012
(33)
Labels
- Materi (2)
- Perangkat KBM (1)
- Soal Online (1)
2022 By Martin Rusmaja. Powered by Blogger.