11/19/12

Menghilangkan Grogi Saat Bermain Musik di Pangguang

Pada saat pertama kali kita manggung di acara musik baik pensi maupun gigs kecil-kecilan pasti yang pertama kali dirasakan adalah perasaan grogi,nervous, dan gugup.Saya juga pernah mengalami hal itu saat akan manggung di acara pensi sekolah. Perasaan ku saat itu gugup,tangan bergetar,dan malam sebelum pensi saya tidak bisa tidur tapi setelah berada di atas penggung, rasa grogi itu pun sedikit demi sedikit mulai hilang meskipun agak sedikit grogi sihh...Nah kali ini saya akan memberikan sedikit tips ,tapi tips ini tidak 100% berhasil lho....oke langsung saja silahkan menikmati
-Persiapan yang Matang
Sebelum manggung sebaiknya band mu latihan yang cukup sehingga saat tampil di panggung bisa menampilkan performance yang benar-benar bagus. Karena berdasarkan pengalamanku kesiapan 200% yang keluar hanya 80 % untuk itu latihanlah yang cukup.
-Fokus
Saat tampil sebaiknya fokus terhadap instrument yang kamu mainkan saat itu,pernah dulu aku tidak fokus sehingga aku salah memainkan chord ..untung saja saat itu aku cuma bermain bass.
-Jangan terus-menerus menatap ke bawah dan jangan seperti patung
-Ajak sahabatmu untuk menyaksikan penampilamu
Ajak teman,pacar atau sahabat untuk menyaksikan penampilan band mu sehingga kamu akan bersemangat untuk memberikan penampilan yang terbaik karena pasti tidak ingin mengecewakan mereka.
-Bawa Alat Sendiri(kalau ada)
Kalau kamu mempunyai alat musik sendiri sebaiknya dibawa saat manggung karena akan menambah kenyamanan dan juga untuk berjaga-jaga semisal alat musik yang ada di panggung mengalami eror atau tidak enak dimainkan. Asal jangan bawa drum soalnya di panggung pasti sudah ada ,jadi tinggal bawa pedal drum-nya aja(jika memeakai double pedal)hahaha....
-Kunyah permen untuk mengalihkan perhatianmu terhadap perasaan grogi dan nervous.
-Jangan bawa alat komunikasi
Jangan bawa alat komunikasi atau Hp saat manggung karena hanya akan mengganggu konsentrasi. Coba bayangkan jika kamu sedang manggung lalu tiba-tiba hp yang ada di saku-mu bergetar pasti hal ini akan mengganggu konsentrasimu.
-Istirahat yang cukup
-Bicara di Depan Cermin
Saat anda menatap cermin katakanlah kepada bayangan mu bahwa kamu pasti bisa.
-Anggap penonton tidak ada dan jangan terlalu sering menatap ke arah penonton karena hal ini mungkin bisa membuatmu grogi.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat.....