8/24/12

Merawat Server


Fast, Clean and simple.
Maintenance MaintenanceSilahkan anda perhatikan tips dan trik berikut :
  1. Maintenance Hardware
  • pc3500-mainboard-by-via-com-tw
    pc3500-mainboard-by-via-com-tw
    Mainboard atau biasa di panggil dengan sebutan Mobo tersebut, memang rentan terkena debu atau kotoran yang masuk dari luar. melakukan kegiatan cleaning/ pembersihan mobo dengan cara vacuum pc dengan compressor atau alat pembersih lainnya seperti Kemoceng, lap kering dan lainnya adalah hal yang tepat untuk merawatnya. Bersihkan pada bagian-bagian yang dirasa harus dibersihkan/terkena debu.
  • RAM by indrange-blog.blogspot-com
    RAM by indrange-blog.blogspot-com
    Untuk merawat RAM PC anda, cabut RAM anda lalu bersihkan bagian bawah RAM tersebut dengan penghapusan. Silahkan lakukan kegiatan pembersihan dengan penghapusan tersebut secara berulang,  hingga semua sisi RAM terlihat tanpa debu.
  • Untuk hardware-hardware yang lainnya, yang berada di dalam tabung CPU silahkan anda lakukan pembersihaan juga, seperi processor, power supply, kipas CPU, harddisk drive dan lain-lainnya.
2.  Perhatikan Software Pendukung
  • Pastikan anti virus terpasang dan lakukan selalu scan virus dan juga updatenya.
Maintenance 1
Maintenance 1
Dalam melakukan maintenance/perawatan PC, bukan hanya hardware saja yang diperhatikan, tetapi perangkat lunak pendukung pun juga harus butuh perhatian. Antara hardware dan software adalah saling berhubungan satu sama lain. Tak kalah penting adalah anti virus/Avir . Peran avir sendiri bagaikan baju besi yang melindungi tubuh/hardware PC.  Sangat penting memasang anti virus pada PC client atau server anda, demi kenyamanan dan keamanan PC anda. Maka dari itu selalu lakukan update anti virus anda dan lakukan pula lah scanning anti virus pada PC anda demi kenyamanan dan keamanan PC anda
  • Lakukan Defragment harddisk.
Maintenance 2
Maintenance 2
Defragment harddisk, adalah kegiatan menata kembali file-file yang tidak tersusun secara teratur, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Selain untuk menata file, defragmenter ini juga mempunyai fungsi menjaga kestabilan dan kondisi hardisk karena defragmenter mampu mengakomodasi dan men-fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program.
Untuk dapat melakukan defragment harddisk, ikuti langkah-langkah di bawah ini :
Silahkan masuk pada
My computer -> Local D atau C -> Pilih Defragment Now->Pilih harddisk yang ingin di defrag, misal Local D.
Setelah itu -> Analyeze-> tunggu hingga selesai
selanjutnya ->Defragment Disk-> tunggu hingga selesai
Lakukan hal yang sama pada Local C atau partisi disk yang lainnya.
  • Lakukan selalu update Operating System
Maintenance 3
Maintenance 3
Mengupdate  sistem operasi yang kita gunakan, sangatlah penting. Mengupdate ibarat memberikan multivitamin pada sistem operasi tersebut. Jadi bila tidak melakukan update, pastinya kinerja sistem operasi akan terasa berbeda sekali dengan sistem operasi yang selalu di update. Maka dari itu silahkan update sistem operasi anda, yang biasanya bisa terjadi seminggu sekali update atau 2 minggu sekali. Dengan adanya update operating system atau sistem operasi akan meningkatkan kinerja operating system yang kita gunakan.
Demikianlah tutorial ini saya tulis dalam pena maya di http://tutorial.voucha net.
Semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabat Voucha di seluruh penjuru tanah air. Jangan lupa, maintenance lah PC anda seminggu atau sebulan sekali, untuk menjaga kualitas PC anda yang sehat dan aman.
Sekian