4/19/13

Cara Pasang Iklan di Blog Sendiri

Apakah Anda punya produk/dagangan milik sendiri/teman yg ingin Anda iklankan di blog milik Anda sendiri?, tapi tidak tahu caranya?, itu juga yg saya alami waktu teman saya nitip jualannya untuk di pasang di blog saya.

Iklan banner ada yg berbentuk kotak bujur sangkar, ada juga yg persegi panjang, bisa ditaruh di samping & bawah posting, terserah yg mana yg Anda mau. Agar mudah dimengerti, maka akan saya jelaskan dg detail disertai gambar, simak baik-baik.

Langkah 1
Siapkan blog yg akan Anda pasangi banner iklan yg berisi produk2 dagangan yg akan Anda jual. Kalo belum punya cepat bikin dulu ya.
Langkah 2
Setelah blog dagangan Anda/teman itu selesai dibikin, kunjungi web berikut ini http://www.addesigner.com/ (buka di tab baru agar Anda bs tetap berada di blog ini untuk mengikuti langkah berikutnya)


Klik tulisan yang saya beri bulatan merah seperti gambar di atas. Lalu daftarkan diri Anda terlebih dulu ke web ini, isi semua form nya, GRATIS.

Ikuti semua petunjuk di web itu. Pilih salahsatu contoh iklan yg Anda sukai, lalu klik. Berikutnya Anda akan dibawa masuk ke halaman tempat Anda bisa mendesain iklan Anda. Isilah semua form tulisan untuk promo iklan Anda. PENTING: kalo Anda ingin iklan Anda berbentuk kotak kecil maka tulisan yg akan Anda tampilkan di iklan itu sebaiknya yg sederhana saja, maks 3-4 kata. Tapi kalo Anda ingin tampilan iklan berbentuk persegi panjang, silakan tulis dg kata lebih banyak maks 5-6 kata.

Gambar di atas adalah contoh iklan yg saya bikin. Setelah selesai simpan contoh iklan Anda di computer Anda (jangan rubah format gambar, tetap dg gif).

Langkah 3
Masuklah ke web tempat penyimpanan gambar, sebagai contoh di sini saya pakai Photobucket, klik link berikut http://photobucket.com/ kalo belum punya akun di tempat itu daftar dulu, GRATIS. Kalo mau pakai web lain silakan.

Langkah 4
Upload foto iklan dari Addesigner yang tadi Anda simpan di computer Anda ke web foto (Photobucket dll terserah).

Langkah 5
Login ke blog Anda (tempat Anda akan memasang iklan), masuk ke Rancangan - Elemen Laman - Tambah Gadget - HTML/Java Script


Akan nampak seperti di bawah ini, klik di tempat yg saya beri bulatan merah



Lalu masukkan URL dari dari blog dagangan Anda & URL image (img) dimana Anda meng-upload gambar iklan Anda, untuk lebih mudahnya lihat contoh seperti gambar dibawah ini. Setelah selesai klik simpan. Bagi yang tidak tahu apa itu URL silakan simak penjelasan ini "Apa Itu URL" (buka di tab baru ya)


Penempatan URL nya lihat baik2 contoh di atas


href="http://www.tokoku.blogspot.com/"><
img src="http://i744.photobucket.com/albums/xx85/fotoku/addesign2.gif"
width="468" border="0" height="60" />

KETERANGAN DI ATAS :
tulisan biru adalah URL blog jualan Anda
tulisan hijau adalah URL image foto iklan Anda
tulisan merah adalah ukuran kotak iklan Anda

PERHATIAN :
iklan yang saya jadikan contoh ini adalah iklan berbentuk persegi panjang dg ukuran 468X60, kalo Anda ingin ukuran diperbesar/diperkecil silakan Anda sesuaikan sendiri ukurannya dg keinginan Anda

Langkah 6
Simpan perubahan yang Anda buat, dan lihat hasilnya, seperti contoh di bawah ini

Contoh iklan di atas saya letakkan di bagian bawah blog, terserah akan Anda letakkan dimana (bisa Anda atur melalui opsi 'Rancangan' yang ada di blog Anda), selamat mencoba...