4/22/13

Tips Agar Foto Terlihat Menarik: Memilih Perspektif

Yang membedakan antara fotografer dengan pelukis atau desain grafis adalah fotografer tidak menciptakan unsur-unsur seni rupa namun “memilih”. Baik itu memilih garis, warna teksture, bentuk, bidang, maupun pola. Yang melekat pada objek. Seorang fotografer dituntut untuk peka melihat unsur-unsur  visual  di sekelilingnya dan mampu memahami prinsip umum seni.
Foto terlihat menarik salah satunya karena ketepatan dalam memilih perspektif. Pada saat anda melihat buah Apel, jangan hanya melihat apel tersebut sabagai buah saja. Tetapi cermati bagaimana keindahan  garis lengkung , bentuk, warna, dan seterusnya. Jika dilihat secara keseluruhan , mungkin bentuk apel kurang menarik . Cobalah memilih perspektif yang berbeda agar tercipta image baru (new look) yang secara visual membuat foto terlihat menarik. Coba perhatikan gambar 1 dan 2, terkadang bila melihat sesuatu sepenuhnya seperti melihat apel akan biasa saja namun bila dilihat secara terpisah/parsial maka Anda menemukan dimana sisi menarik objek yang akan Anda foto. Ambilah contoh lain seperti logo perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ,Apple, tidak akan ada yang menyangka bahwa dengan desain logo yang seperti itu mampu membuat kesan yang mendalam bagi siapa saja yang melihatnya.
Disekitar kita tentunya banyak benda-benda yang memiliki nilai artistik, Anda perlu belajar melihat untuk mengasah kejelian  dan kepekaan  rasa seni (sense of art). Nilai keindahan sering tersembunyi pada detail benda, detail tersebut bisa berupa garis, tekstur, warna, bidang, dan pola. Dan itu semua kembali lagi kepada sang fotografer pada titik visual mana ingin menangkap unsur-unsur tersebut, karena tiap orang akan memilih perspektif sendiri-sendiri.
lensafotografi.com
Gambar 1
Apel memiliki nilai estetika berupa garis lengkung, bentuk, tekstur, dan perbedaan warna
lensafotografi.com
Gambar 2
Penonjolan bidang tertentu untuk menciptakan image baru.
Ambilah contoh lagi bila  berplesiran ke sebuah kota dan menemukan bangunan yang unik atau  yang menjadi landmark kota tersebut tentunya anda ingin mengambil gambarnya. Fotografer biasanya akan menggunakan lensa wide angle  Untuk jenis fotografi seperti ini anda juga bisa mengambil gambar dari detail sudut-sudut dari bangunan tersebut, seperti daun jendela yang berjejer sehingga menimbulkan unsur visual yang berulang dan ada iramanya, pintu, ventilasi dll. Jadi jangan terpaku pada satu titik saja, foto terlihat menarik muncul dari kreativitas fotografer memilih perspektif.
star david
Gambar 3
Irama yang berulang-ulang dapat dijadikan objek foto, seperti ventilasi pintu yang berjejer tiga