4/21/13

Merubah CD Audio Menjadi MP3

Teman-teman pernah gak mengcopy lagu dari CD ke PC kita. tapi pas kita putar tidak bisa. itu karena format lagu di CD berformat cda.  supaya bisa di putar di PC, kita harus merubah format dari cda. ke MP3.
banyak softwere yang menyediakan program ini, tapi sekarang saya akan berbagi bagaimana cara merubah format CD Audio menjadi MP3 atau lainnya hanya menggunakan program yang telah ada di PC kita. Windows Media Player.
Ok gan..... Brangkaaaaatt !!!!

Banyak yang belum menyadari bahwa ternyata "hanya" dengan Windows Media Player kita dapat mengubah CD audio (yang kalau kita lihat menggunakan Windows Explorer berupa file berekstensi *.cda) menjadi file berekstensi *.wma, bahkan *.mp3. Proses ini disebut "ripping".

Saya juga baru menyadari tentang hal ini beberapa waktu lalu, sehingga saat seorang teman bertaya tentang bagaimana cara untuk meng-"copy" lagu dari CD audio ke dalam komputer, saya menyarankan untuk menggunakansoftware ripping, padahal Windows Media Player hampir pasti terdapat pada setiap komputer bersistem operasi Microsoft Windows. ( untuk sahabatku, maaf yaa.. )


Berikut ini langkah-langkah ripping menggunakan Windows Media Player versi 9 (yang merupakan "bawaan" Microsoft Windows XP) :
(1) Masukkan CD audio ke dalam CD-drive.
Apabila setting autoplay pada komputer anda aktif, akan muncul jendela seperti pada gambar di bawah ini :

Anda dapat langsung klik “Copy music from CD using Windows Media Player” kemudian klik “OK”. Selanjutnya lanjutkan ke langkah no. 3.
Namun, apabila tidak muncul jendela seperti gambar di atas, lanjutkan ke langkah no.2.
(2) Buka Windows Media Player.
(3) Klik tab “Copy from CD”.

Akan tampil jendela seperti pada gambar di bawah ini :

Perhatikan folder tujuan penyimpanan file hasil konversi pada bagian bawah jendela. Apabila folder tujuan penyimpanan file hasil konversi sudah sesuai dengan keinginan, dan Anda tidak ingin mengubah setting default, lanjutkan ke langkah no.5.
Namun, apabila Anda ingin mengubah folder tujuan penyimpanan file hasil konversi atau setting default lainnya, lanjutkan ke langkah no.4.
(4) Klik menu “Tools” > “Options”, kemudian klik tab “Copy Music”.
Akan tampil jendela seperti pada gambar di bawah ini :

Untuk mengubah folder tujuan penyimpanan file hasil konversi, pada frame “Copy music to this location” klik tombol “Change…”. Tentukan folder tujuan penyimpanan file hasil konversi, kemudian klik tombol “OK”.
Anda juga dapat mengatur kualitas audio dengan mengubah bit rate file yang akan dihasilkan pada frame “Copy settings”. Semakin besar angkanya semakin bagus kualitasnya, namun ukuran file yang dihasilkan juga tentu akan semakin besar. Angka default-nya adalah 128 Kbps.
Setelah selesai mengatur perubahan, klik tombol “OK”.
(5) Hilangkan tanda ceklis pada track yang tidak ingin dikonversi, kemudian klik tombol “Copy Music".


(6) Tunggu hasilnya beberapa saat.
(7) Selesai.

Untuk Windows Media Player versi selanjutnya, langkah-langkah yang dilakukan hampir sama dengan cara di atas. Perbedaan hanya terdapat pada penamaan tab “Copy from CD” menjadi “Rip” (langkah no.3), tab “Copy Music” menjadi “Rip Music” (langkah no.4), dan tombol “Copy Music” menjadi “Rip Music” (langkah no.5).

Bahkan pada Windows Media Player versi 11 telah dapat melakukan ripping ke dalam bentuk *.mp3. Caranya adalah dengan cara mengubah formatmenjadi “mp3” pada frame “Rip settings” pada langkah no.4